Book Review: Merasa Pintar Bodoh Saja Tak Punya


Merasa Pintar Bodoh Saja Tak Punya
Rusdi Mathari
Penerbit Mojok
Cetakan ketiga, 2018
226 halaman


Judul yang sangat menohok. Haha. Ya, seringkali kita merasa pintar padahal bodoh saja tak punya. Karena sesungguhnya kita memang tidak punya apa-apa dan bukan siapa-siapa. Yang Ada hanya Allah, Tuhan Yang Maha Esa.

Buku ini merupakan kumpulan tulisan berseri dengan Cak Dlahom sebagai tokoh utama yang menggelitik pemikiran pembacanya dalam memaknai bulan Ramadhan. Kisah pertama yang diceritakan benar-benar membuat saya terpikat untuk segera menuntaskannya. Cerita tersebut diawali dengan pertanyaan "Apa benar kamu merindukan Ramadhan?" (hlm. 4) Sebuah pertanyaan yang sederhana tapi begitu dalam maknanya.

Meskipun hanya cerita, namun penulis berhasil mengajak pembacanya untuk berintrospeksi perihal ibadah-ibadah yang 'katanya' ditujukan semata-mata untuk Allah. "Karena kamu beribadah, salat, puasa, berzakat, dan berhaji, lalu apa kamu merasa berhak atas surga?" (hlm. 115)

Betapa kita terlalu sibuk mengumpulkan pahala demi surga-Nya, tapi kita lupa memperhatikan kondisi orang-orang di sekitar kita. "Salatmu dan sebagainya adalah urusanmu dengan Allah, tapi Sarkum yang yatim dan ibunya yang kere mestinya adalah urusan kita semua." (hlm. 117)

Petikan ini menyadarkan pembaca bahwa ibadah, terutama di bulan Ramadhan, bukan hanya berupa hubungan manusia dengan Allah. Hubungan kita sebagai sesama manusia pun adalah bagian dari ibadah. Jangan sampai ketidakpedulian kita terhadap penderitaan orang lain malah menjerumuskan kita ke neraka dan menjauhkan kita dari ridho-Nya.

Dari sebuah batu pun Cak Dlahom mampu mengajak kita utk belajar. Konon, batu tak sanggup jadi manusia karena merasa kalah keras dibanding hati manusia. Kenapa hati manusia bisa jadi keras?
"Karena sering berdusta & tidak amanah. Pendendam & jarang meminta maaf. Dengki & kikir." (hlm. 285)

Ada banyak penanda yg saya sisipkan di buku ini karena isinya yg sarat ilmu. Buku ini sangat direkomendasikan utk mempersiapkan diri di bulan Ramadhan yg akan datang. Semoga kita diberi kesempatan utk bertemu dengannya dalam keadaan yg lebih baik.

Week 1, Juli 2018

#oneweekonebook

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Book Review: Merasa Pintar Bodoh Saja Tak Punya"

Posting Komentar